Informasi Umum Katilayu

25 Maret 2019 - Kategori Blog

Katilayu

Katilayu adalah salah satu pohon yang tidak menghasilkan getah seperti karet, sehingga apabila pohon ini bisa menghasilkan getah adalah suatu keajaiban  yang sangat langka dan merupakan kejadian  aneh. Anda boleh mencoba membacok berulang-ulang batang pohon katilayu dengan pisau atau parang, maka tidak akan ada setetespun getah yang keluar kecuali kalau memang itu berjodoh dengan anda, atau anda memiliki kekuatan gaib dan bersih hati. Sehingga dipercaya banyak orang batu katilayu memiliki khasiat magis yang banyak diburu oleh paranormal, seperti memelihara khodam, menarik lawan jenis dan kewibawaan, kecantikan, semangat kerja dan aura positif lainnya.

Kekuatan tuah katilayu ini tergantung dari tempat tumbuh, lingkungan dan tata cara pengambilannya yang kadangkala memerlukan sesajian. Dikalangan masyarakat kita, terutama yang tinggal di Pulau Jawa, meyakini bahwa untuk beberapa jenis kayu / batu cincin tertentu, ada yang memiliki kekuatan gaib dan khasiat tertentu, yang umumnya dikaitkan dengan asal batu tersebut  dari pohon di tempat keramat atau yang dikeramatkan seperti makam leluhur, para Wali atau karena langka keberadaannya, susah mendapatkannya atau mendapatkannya dengan cara ritual gaib.

Ternyata kepercayaan ini terdapat juga dibeberapa suku bangsa lain, bukan hanya bangsa kita saja. Orang Betawi menyebutnya Itilayu , Orang Jawa menyebutnya Kapilayu/Katilayu/Klayu/ kilalayu, namun secara umum disebut sebagai Katilayu.

Dalam bahasa latin dikenal dengan dalam kelompok kingdom Plantae ( tumbuhan), Divisi Magnoliophyta ( tanaman berbunga), klas magnopliopsida ( tumbuhan dikotil)

Batang katilayu yang mengeluarkan getah yang mirip pohon damar atau karet, berbentuk gumpalan sehingga sering orang menyebutnya Blendok katilayu.

Batu katilayu dibuat dari getah yang dihasilkan dari batang pohon katilayu. Sebagai mana kita ketahui getah kayu yang terdapat pada cambium berfungsi sebagai penghantar makanan dari akar untuk pembentukan ranting dan daun sehingga pohon tersebut bisa tumbuh menjadi besar dan tinggi.

Bagi para penggemar batu mustika, tentu sudah tidak asing lagi dengan mustika yang satu ini, yup Mustika getah katilayu, atau biasa disebut juga dengan istilah Blendok (getah dalam bahasa jawa) Katilayu, ada juga yang menyebutnya gentar katilayu / kapilayu / kapelayu. Mustika yang berasal dari alam ini dikenal karena kehebatannya saat di gunakan untuk memancing ikan. Konon bagi para pemacing yang menggunakan mustika ini, maka kan mendapatkan banyak ikan. Itu sebabnya batu mustika katilayu sering juga disebut mustikannya para pemancing atau jimat mancing.

Melihat dari namanya saja sudah dapat di ketahui bahwa mustika katilayu berasal dari getah pohon katilayu yang telah memfosil (mengeras seperti batu), konon getah katilayu atau blendok katilayu cukup sulit untuk didapatkan, bahkan ada yang mempercayai bahwa mustika katilayu juga terdapat di alam gaib, dan hanya orang-orang dengan kemampuan khususlah yang dapat mendatangkannya (menariknya dari alam gaib).

Selain dapat digunakan untuk menarik ikan saat memancing, mustika getah katilayu juga dipercaya dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain selain menarik ikan, ada sebagian yang mengatakan bahwa getah kapilayu / gentar katilayu juga dapat di jadikan sebagai media pengasihan untuk menarik lawan jenis. Tak hanya ikan yang akan mendekat, bahkan orang-orang yang menjadi incaran pun dapat dengan mudah tertarik kepada sang pemilik getah katilayu, tentu saja ada beberapa sarana dan mantra yang ditambahkan untuk membuat getah katilayu menjadi media pengasihan penarik lawan jenis.

Kehebatan getah katilayu sebagai media untuk memancing ikan sudah terkenal sejak jaman dahulu, bahkan konon orang-orang terdahulu yang hoby mancing selalu membawa jimat katilayu saat mereka hendak berburu ikan dan selalu mendapatkan banyak ikan.

Khasiat / Manfaat Mustika Getah Katilayu

  1. Menarik Lawan Jenis (Penghasihan)/Pelet
    Selain sebagai jimat / mustika memancing, getah katilayu atau gentar katilayu juga dipercaya dapat digunakan sebagai media untuk menarik lawan jenis (Pengasihan), Bagi orang yang memiliki getah katilayu adalah pria, maka dapat menarik para gadis atau wanita yang menjadi incarannya. Begitupun sebaliknya, jika pemiliknya adalah seorang wanita, maka getah katilayu dapat memberikan khasiat untuk menarik para pria menjadi jatuh cinta kepadanya.
  2. Media Penglaris Dagangan (Perniagaan)
    Mustika gentar katilayu juga dipercaya sangat baik manfaatnya bagi orang-orang yang melakukan perniagaan atau berdagang, konon siapa saja yang menggunakan getah katilayu dan dia seorang pedagang maka usaha dagangnya akan laris manis, dan laku banyak. Memancarkan aura sang pemilik sehingga orang lain tertarik untuk membeli dagangannya.
  3. Meningkatkan Popularitas/Pengabaran.
    Kehebatan batu mustika getah katilayu dapat membuat pemiliknya jadi terkenal, konon bagi siapa saja yang memiliki mustika ini maka ia akan mudah di kenal, atau tenar. Bahkan menjadikan pemiliknya sebagai seseorang yang disegani oleh kawan maupun lawan.
  4. Jimat Untuk Memancing
    Khasiat atau manfaat yang paling populer dari getah katilayu adalah sebagai sarana untuk memancing, dipercaya bagi siapa saja yang memiliki getah katilayu dan dia suka memancing ikan, makan hasil ikan tangkapannya akan jauh lebih banyak dari pada orang biasa. Konon mustika getah katilayu akan memancarakan energi yang dapat menarik ikan mendekat dan memakan umpan yang telah di siapkan oleh sang pemancing, baca juga artikel : essen katilayu

‎Mustika getah katilayu dibagi menjadi beberapa jenis, dan masing-masing jenisnya memiliki tingkataan atau level-level tertentu, tergantung dari jenis Khodam yang terkandung didalam mustika tersebut. Dan tentu saja harganya juga berbeda-beda, karena dipercaya bahwa pada beberapa batu mustika getah katilayu yang memiliki khodam hebat, harganya bisa mencapai jutaan rupiah, dari puluhan hingga ratusan juta.

Macam atau Jenis-jenis Mustika Getah Katilayu

  1. Gentar/Getah Katilayu Coklat
    Getah katilayu coklat memiliki ciri-ciri berwarna coklat tua, atau coklat muda, jika dilihat secara sekilas getah katilayu coklat memiliki warna yang hampir mirip dengan warna kemenyan, tapi saat di sorot dengan lampu maka akan tembus cahaya, dan cahayanya juga berwarna kecoklatan, bisa muda, bisa juga coklat tua.
  2. Blendok Katilayu Kuning
    Jenis yang ini merupakan jenis dengan level satu tingkat diatas blendok katilayu coklat, memiliki warna dominan kuning, dengan beberapa varian coklat muda dan saat di sorot dengan lampu (senter) maka akan terlihat warna kuning. Terkadang ada yang sedikit coklat muda, tapi lebih dominan kuning.
  3. Kapilayu/Katilayu Hitam
    Memiliki warna hitam pekat, biasanya katilayu hitam disebut juga katilayu yang kurang bagus, karena katilayu hitam tidak tembus saat di sorot dengan lampu senter. Memiliki warna dominan hitam, bahkan ada yang hitam pekat. Katilayu hitam menempati level terendah pada tingkatan kekuatan getah katilayu.\
  4. Katilayu Merah/Getah Katilayu Api
    Ini adalah mustika getah katilayu yang memiliki urutan tertinggi, disebut getah katilayu api karena batu yang satu ini akan berwarna merah seperti warna api saat terkena sorotan cahaya. Bahkan pada tingkat yang ekstrim warna merahnya dapat muncul ke permukaan, sehingga jika dilihat secara sekilas seperti bongkahan bara api.

Itulah informasi dari katilayu, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

 
Chat via Whatsapp