Jenis-Jenis Ikan Air Tawar Terpopuler

05 April 2019 - Kategori Blog

Ikan merupakan salah satu hewan yang memiliki banyak spesies di dalamnya, bahkan Jenis-jenis ikan yang ada di dunia memiliki puluhan ribu spesies yang berbeda. Ikan dapat hidup di air tawar, air payau, maupun air laut. Ukuran dari ikan pun sangatlah beragam mulai yang kecil sampai dengan ikan yang memiliki ukuran besar.

Tapi kali ini kami team dari AQUATIC Fishing ART akan menjelaskan ikan yang ada di air tawar saja, yuk simak dengan seksama.

1. Ikan Mas

Ikan Mas atau dalam Bahasa Latin Crypinus Carpio merupakan spesies ikan yang sudah di budidaya sejak dahulu, ikan ini banyak tersebar di kawasan Asia seperti Indonesia. Ikan mas memiliki beberapa spesies yang dapat dijadikan sebagai ikan hias maupun ikan konsumsi.

Ikan Mas Koki adalah salah satu contoh jenis ikan mas yang dapat dijadikan sebagai ikan hias. Sedangkan ikan mas yang dapat di konsumsi seperti jenis Ikan Mas Majalaya, ikan jenis ini memiliki rasa yang gurih dan nikmat.

2. Ikan Gurami

Ikan gurami adalah sejenis ikan air tawar yang banyak dijumpai di perairan Indonesia, ikan ini merupakan ikan asli Indonesia yang tersebar di Sumatra, Kalimantan, dan Jawa. Namun sekarang sudah banyak di budidaya di Asia karena rasa lezatnya. Banyak olahan yang bisa ditemui menggunakan bahan baku ikan ini, mulai dari gurami bakar sampai gurami asam manis.

Ikan Gurami sendiri memiliki bentuk lonjong dengan ciri khas terdapatnya sepasang benang di bawah tubuhnya, benang ini digunakan untuk bisa merasakan atau meraba daerah di sekitarnya. Selain itu ikan ini juga memiliki sisik yang cenderung berukuran besar.

3. Ikan Lele

Ikan lele adalah ikan air tawar yang datang dari Indonesia, ikan inilah yang banyak disukai oleh seluruh kalangan di Indonesia karena rasa yang dimilikinya. Bukan hanya restoran saja namun kita juga bisa menemui ikan ini dalam olahan di warung-warung pinggir jalan sekalipun.

Ikan ini sangatlah mudah untuk dapat dikenali, dengan ciri khas kumis yang panjang di sekitar mulutnya, membuat ikan ini terlihat berbeda dengan lainnya. Selain itu ikan ini juga memiliki tekstur yang sangat licin ketika dipegang.

4. Ikan Bawal

Ikan Bawal merupakan ikan yang bersal dari sungai Amazon Brazil. Ikan ini sangat mirip penampilannya dengan ikan piranha Dengan badan yang pipih dan bulat dan warna kulit keperak – perakan, memiliki lubang hidung yang besar, dan warna ujung sirip berwarna merah atau kuning. Ikan bawal termasuk jenis ikan carnivora sama halnya dengan Piranha. Ikan bawal biasa hidup bergerombol dalam jumlah yang kecil, makanannya adalah udang, siput, katak, dan ikan-ikan kecil. Ikan bawal merupakan jenis ikan yang cukup poluper di pasar ikan konsumsi. ikan bawal tawar memiliki poluparitas yang tidak kalah baiknya diantara ikan tawar lain. Budi daya ikan bawal menjadi pilihan banyak petani karena beberapa hal antara lain: pemeliharaan yang mudah, cepat besar dan mudah dipasarkan. Di Brazil, bawal banyak ditemukan di sungai Amazon dan sering juga ditemukan di sungai Orinoko, Venezuela. Hidupnya bergerombol di daerah yang aliran sungainya deras dan ditemukan pula di daerah yang aliran sungainya tenang, terutama saat benih.

5. Ikan Patin

Ikan patin merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, yang banyak di gemari oleh banyak orang terutama di wilayah indonesia. Ciri dari ikan patin berbadan panjang untuk ukuran ikan tawar lokal, warna silver seperti perak, punggung berwarna biru kehitaman. Kepala ikan patin relatif kecil, mulut terletak di ujung kepala agak di sebelah bawah yang di kelilingi kumis berfungsi sebagai peraba.

6. Ikan Nila

Ikan Nila merupakan spesies ikan yang bisa di konsumsi, ikan ini pertama kali ditemukan di Afrika bagian timur pada tahun 1969. Di Indonesia sendiri kini ikan tersebut sudah banyak dipelihara, ikan ini memiliki ukuran yang sedang dengan panjang sekitar 30 cm. Ciri khas ikan ini adalah duri yang terdapat pada punggungnya, duri tersebut berguna untuk melindungi dari para pemangsa.

7. Ikan Gabus

Ikan Gabus adalah ikan yang memiliki nutrisi tinggi, ikan ini memiliki kandungan protein sebanyak 25% yang ada di dalam tubuhnya dan ini jauh lebih besar dari pada ikan salmon yang hanya memiliki protein sebanyak 20% saja. Tak hanya itu ikan ini memiliki kandungan albumin yang berguna untuk menyeimbangkan kadar cairan yang ada di dalam tubuh manusia.

Ikan gabus juga memiliki rasa yang nikmat dan merupakan salah satu ikan yang memiliki banyak sekali penggemar. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat ikan ini memiliki rasa gurih, dan jika diolah dengan tepat dapat membuat siapapun menyukai rasanya.

Masih banyak lagi ikan air tawar yang ada, silahkan baca di wikipedia atau Anda cari di google.

 
Chat via Whatsapp