Teknik Mancing Ikan Mas

05 April 2019 - Kategori Blog

Teknik Mancing Ikan Mas

Memancing tak semudah yang kita bayangkan, terlebih lagi harus punya teknik dalam memancing kalau tidak ya, hasil akan membuktikannya, nah kali ini AQUATIC Fishing ART akan memberikan beberapa tisp & trik untuk memancing ikan mas agar hasil maximal.

1. Tips Melontar Umpan

  1. Lontaran Umpan, pastikan lontaran jatuh pada titik yang sama dengan titik yang telah diberi umpan pengebom (umpan yang disebar tanpa kail).
  2. Atur pegangan tangan tepat di gagang joran (di mana ril duduk) dan buka kawat pengaman ril (bail arm) dan tahan kenur dengan jari telunjuk.
  3. Pegang joran tegak lurus searah badan, arahkan mata ke titik tempat jatuhnya umpan dan gerakkan joran dengan gerakan siku ke arah depan hingga kenur tegak lurus dengan air, ayunkan umpan ke arah belakang.
  4. Bila Anda masih ragu, gerakkan joran kembali ke depan dan kembali ayunkan umpan ke belakang, dengan menggerakkan joran lurus dengan kepala.
  5. Saat umpan terayun ke belakang, lontarkan umpan bersamaan dengan arah balik ayunan umpan ke depan dengan gaya seperti menyabet dengan joran, jangan lupa melepas kenur yang tadi Anda tahan dengan jari.
  6. Bila gerakan dilakukan secara benar, Anda tak akan kecewa dengan hasil lontaran, berlatihlah terus hingga dirasa telah cukup.
  7. Untuk lemparan yang dekat, Anda cukup mengayunkan umpan tanpa sabetan joran, kemudian arahkan umpan ke tempat yang di tuju.

Catatan :

Tempat-tempat yang cocok dijadikan titik potensial (hotspot), misalnya:

√. Tempat terdalam pada bagian empang yang rata, sisir dengan pelampung, jika ada satu bagian terdalam maka jadikan sebagai titik potensial.
√. Daerah pertengahan kolam yang terdapat pancuran air.
√. Daerah kolam di tempat masuk atau keluarnya air, juga daerah di mana terdapat patok bambu penyangga pipa pancuran air.
√. Pinggir kolam yang dasarnya menjorok ke daratan (bentuk gua) atau yang banyak tanaman rambat yang menjuntai ke air dan masih banyak lagi ciri-ciri tempat yang baik untuk dijadikan hotspot.

2. Menggunakan Umpan Yang Bagus

Umpan yang jitu dan ampuh untuk mendapatkan hasil tangkapan ikan mas yang banyak, anda bisa menggunakan umpan yang terbuat dari telur bebek, kroto, susu, susu bubuk dan potongan keju. Bahan terlebih dahulu dihaluskan untuk kemudian dijadikan sebagai pelet atau umpan mancing ikan mas. baca juga artikel ” umpan galatama & kilo gebrus“.

3. Isyarat Pelampung

Perlu diketahui, tiap ikan mas tidak ada yang sama cara makannya. Perbedaan ini menghasilkan gerakan pelampung yang berbeda pula. Ikan yang berukuran 1 kg (ikan rame) biasanya makan dengan cara yang kasar, pelampung akan langsung tenggelam saat umpan disambar, segera gentakkan joran. Untuk ikan mas yang besar atau yang makannya terlalu penakut, gerakkan pelampung mungkin hanya sekali saja, bila saat itu lengah, maka anda hanya akan mendapatkan umpan yang habis termakan oleh ikan.

4. Menggentak Joran

Agar ikan bisa terkait saat umpan dimakan, anda perlu menggentak joran (strike), terutama bila menggunakan pelampung. Gerakan ini bisa digolongkan sebagai gerakan refleks. Agar mendapatkan gerakan refleks, tangan harus terus dilatih untuk segera meraih joran.

Itulah tips & trik mancing ikan mas dari kami AQUATIC Fishing ART, semoga bermanfaat bagi anda angler/pemancing pemula, salam hangat salam satu hobi.

 
Chat via Whatsapp