Umpan Ikan Mujair Paling Ampuh

13 Maret 2019 - Kategori Blog

Mancing Ikan Mujair

Ikan mujair merupakan ikan yang berasal dari perairan Afrika, mozambik. Ikan ini di beri nama ikan mujair karena pada awalnya yang menemukan ikan ini pertama kali di Indonesia adalah pak mujahir.

Ciri khas dari ikan mujair mempunyai bentuk tubuh yang pipih dan memiliki warna hitam sedikit ke abu-abuan. Ikan ini bisa mencapai panjang hingga 40 cm.

Mujair juga sering kita jumpai di kawasan muara yang mempunyai air berpayau, karena memang ikan mujair walaupun termasuk ikan yang hidup di air tawar tapi ikan ini juga mempunyai toleransi di perairan asin yang ada kadar garamnya cukup tinggi. Habitat asli ikan mujair ada di sungai, tambak, waduk, situ, danau dan rawa.

Nah untuk umpan mujair yang mantap adalah sebagai berikut :

Umpan Mujair Alami

Ulat Beras

Ulat beras masih menjadi andalan untuk di jadikan umpan mancing ikan mujair yang jitu, ulat ini sering kita jumpai di beras yang lama tidak di urus, sehingga menggumpal.

Di gumpalan itulah terdapat ulat kecil yang kita sebut dengan ulat beras. Selain ikan mujair, ikan Emas dan Nila pun juga menyukai umpan yang satu ini.

Laron

Anda tau laron ? yang biasa muncul di malam hari saat terjadinya peralihan musim, dari musim kemarau ke musim penghujan.

Banyak sekali laron di malam hari yang berterabangan, itu bisa kita manfaat untuk di jadikan umpan ikan mujair. Biasanya ikan mujair yang sangat suka dengan laron adalah yang habitatnya di waduk ataupun danau, di selain itu juga suka kok.

Udang

Biasanya kita menggunakan udang jenis air tawar, kemudian kita akan memberikannya sedikit essen udang agar supaya lebih menguatkan lagi rasa umpan. Umpan ini sangat sederhana tapi sangat ampuh untuk menaklukkan ikan mujair.

Cacing

Umpan ini tidak diragukan lagi keampuhannya, bukan hanya ikan mujair, banyak ikan yang lain juga sangat menyukai umpan yang satu ini.

Jenis cacing yang kita gunakan untuk umpan memancing ikan mujair adalah cacing merah, cacing kalung, kristal dan cacing susu. Jika kita menggunakan umpan ini cukup gunakan seekor untuk satu kali saja.

Ulat Belimbing

Ulat yang satu ini kita dapat menemukannya di buah belimbing. Di musim penghujan biasanya belimbing mempunyai buah yang buruk, di situ akan ada banyak ulatnya.

Kita bisa memanfaatkannya dengan cara kita membelah buah belimbing dan mengambil ulatnya, kemudian kita jadikan umpan memancing ikan mujair.

Umpan Mujair Racikan

Resep Ke 1

Bahan utamnya :

∼ Tepung ketan (Rose Brand) 100gr,
∼ Tepung maizena 100gr,
∼ Air,
∼ Lumut (setengah basah yang diambil bagian atasnya saja),
∼ Vanila bubuk,
∼ AQUATIC ESSENCE, ikan mujair.

Peracikan umpan :

√. Siapkan wadah untuk pengolahan umpan,
√. Kemudian kita campur semua bahan tadi menjadi satu (kecuali essen), uleni sampai merata,
√. Tambahkan essen ± ½ ttp botol essen, aduk kembali sampai rata,
√. Masukan adonan umpan kedalam plastik,
√. Setelah itu kita kukus dengan waktu sekitar 5 menit saja, (tapi kita juga harus berhati-hati saat mengukus, karena tekstur lumut mudah hancur, jadi jangan terlalu panas-panas),
√. Setelah itu diamkan sampai dingin dan bentuk adonan tadi bulat-bulat,
√. Resep pertama pun sudah siap untuk dipakai.

Resep Ke 2

Bahan utamanya :

∼ Pelet p1000 (100 gr),
∼ Air panas secukupnya,
∼ Barracuda, ikan nila.

Peracikan umpan :

√. Siapkan wadah yang cukup untuk pengadukan umpan,
√. Masukan pelet p1000 + air (panas) secukupnya kedalam wadah, kemudian aduk sampai rata dan kalis,
√. Diamkan sampai dingin, kemudian tambahkan 3 tts essen (bila kurang bisa ditambahkan lagi) aduk sampai rata,
√. Umpan siap dipakai.

Umpan Madu + Telur

∼ Kuning telur bebek/ayam,
∼ Madu secukupnya,
∼ Pelet P1000 (100gr),
∼ ESSENCE OIL, katilayu.

Peracikan umpan :

√. Siapkan wadah yang cukup untuk pengadukan umpan,
√. Masukan pelet + kuning telur + madu 2 sdm, aduk sampai kalis dan rata,
√. Tambahkan essen 3 tts (jika kurang boleh di tambahkan lagi sampai takaran essen pas) aduk sampai rata,
√. Umpan siap dipakai.

Catatan :

Jika anda mau mancing alangkah baiknya di bom dahulu menggunakan pelet atau bekatul/dedak supaya ikan nila kumpul dan cepat menyambar ikan.

 
Chat via Whatsapp